Jumat, 29 Mei 2020

BIM ( Building Information Modeling )

Salah Satu dari definisi istilah BIM ( Building Information Modeling ) dalam konstruksi adalah proses sistem yang difokuskan pada pengembangan, penggunaan dan transfer model informasi digital dari suatu proyek konstruksi bertujuan untuk meningkatkan  fase desain, pelaksanaan dan pengoperasian atau sebagai portofolio.



Definisi lain BIM merupakan representasi digital dari karakteristik fisik dan fungsional Bangunan atau sarana infrastruktur. BIM adalah Alat sumber daya informasi untuk pengetahuan bersama tentang sejak awal konsepsi hingga pembongkaran sebuah bangunan atau sarana infrastruktur. Ketika diterapkan dengan benar, BIM dapat memberikan banyak manfaat untuk suatu proyek konstruksi. Penilaian BIM telah diilustrasikan melalui proyek yang terencana dengan baik yang menghasilkan peningkatan kualitas desain melalui analisis siklus yang efektif, prefabrikasi, kondisi lapangan yang dapat diprediksi, peningkatan efisiensi lapangan dengan memvisualisasikan jadwal konstruksi yang direncanakan, peningkatan inovasi melalui penggunaan aplikasi desain digital dan masih banyak lagi. Pada akhir fase konstruksi, informasi berharga dapat digunakan oleh operator gedung atau sarana infrastruktur untuk manajemen aset, perencanaan ruang, dan penjadwalan pemeliharaan untuk meningkatkan keseluruhan kinerja  atau sebagai portofolio. 




BIM Execution Planning

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Produktifitas

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas  Ada lima faktor yang mempengaruhi tingkat produktivitas suatu pekerjaan konstruksi antara lai...